Pengertian OOP(Class,Object,Method,Behavior,Intance Variabel)

pengertian OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. 
Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

pengertian Class adalah merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.

pengertian Objek adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.

pengertian dari sumber lain: Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap
sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua

karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu :
Setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.

Contoh sederhananya adalah : objek sepeda
Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal, roda, jeruji, dan warna.
Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) : kecepatannya menaik,
kecepatannya menurun, dan perpindahan gigi sepeda.
Dalam pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek
dalam perangkat lunak akan menyimpan state-nya dalam variabel dan
menyimpan informasi tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau
fungsi-fungsi/prosedur.

pengertian Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.



Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta
berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri.
Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita
dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe
kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.

Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan
suatu kemampuan overloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan fungsi
yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama.
Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah
perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfisme
membiarkan lebih dari 1 objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai
objek dari super class tunggal
Contoh:
Mahasiswa cowok = new anakSI();
cowok.methodKU( Bernaz );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Amelia );

Outputnya:
-Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI telah dipanggil
-Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI telah dipanggil

pengertian Behavior adalah tingkah laku yang dapat dilakukan oleh objek, behavior adalah kelakuan atau sifat dari Object.
 seperti mobil tadi bisa melaju, membelok, membunyikan klakson dan lain sebagainya.
 Instance variabel merupakan jenis variabel yang dideklarasikan di dalam class, diluar method baik constructor atau method lainnya.
Selain itu, jenis variabel ini memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan jenis variabel yang lainnya, seperti berikut ini
  1. Bila space object tersedia didalam heap, slot instance variabel ini akan dibuat.
  2. Instance variabel akan dibuat bila object juga dibuat menggunakan keyword new.
  3. Instance variabel akan dieksekusi apabila object juga dieksekusi.
  4. Instance variabel dapat diberikan access modifier.
  5. Instance variabel tidak bisa dideklarasikan dengan keyword static.
  6. Instance variabel dapat digunakan oleh method, baik constructor atau method yang lain.
  7. Instance variabel dapat memiliki default value.
  8. Untuk tipe data number, dalam deklarasi instance variabel diinisialisasikan dengan nilai 0.
  9. Untuk tipe data Boolean, dalam deklarasi instance variabel diinisialisasikan dengan nilai false.
  10. Untuk tipe data reference atau object, dalam deklarasi instance variabel diinisialisasikan dengan nilai null.
  11. Nilai dalam instance variabel dalam diinisialisasikan melalui proses deklarasi ataupun melalui constructor.

Contoh program

Untuk lebih memahami konsep ini, mari diimplementasikan dalam kode program, seperti berikut ini
package com.wordpress.bmadi.morevariabel;
public class DemoInstance {
  // Deklarasi instance variabel
  private String name;
  private int dayaTahan;
  
  public void setName(String newName){
    name = newName;
  }
  
  public void setDaya(int newDayaTahan){
    dayaTahan = newDayaTahan;
  }
 
  public String getName(){
    return name;
  }
  
  public int getDaya(){
    return dayaTahan;
  }
 
  public static void main(String[] args){
    DemoInstance lampu = new DemoInstance();
    lampu.setName("Bohlam");
    lampu.setDaya(4);
    System.out.println("Nama lampu : " + lampu.getName());
    System.out.println("Daya tahan lampu : " + lampu.getDaya() + " Bulan");
  }
}
Kode program diatas artinya : Mendeklarasikan class DemoInstance, yang didalamnya  dideklarasikan instance variabel. Bila kode program diatas dieksekusi, keluaran yang dihasilkan seperti dibawah ini
Nama lampu : Bohlam
Daya tahan lampu : 4 Bulan

Komentar