Tutorial Aplikasi Toko Sepatu Menggunakan Bahasa Pemrogaraman Java dan Database MySQL

APLIKASI TOKO SEPATU Shoes'fad

        Shoes'fad adalah sebuah aplikasi berbasis desktop yg dibuat menggunakan bahasa pemrograman java.Aplikasi ini dibuat guna membantu pemilik ataupun pengelola toko sepatu dalam mengelola sepatu dan juga aplikasi ini pula dilengkapi dengan sistem transaksi jual beli serta dilengkapi pula dengan cetak struk transaksi.Serta pengelola dapat melihat laporan penjualan dari aplikasi Shoes'fad. 

>> Latar Belakang :
          Seiring dengan perkembangan zaman semakin canggih dan modern khususnya dunia IT ini berdampak pada semua bidang kehidupan,terlebih pada dunia ekonomi bisnis.Teknologi telah membantu mempermudah pekerjaan dalam beberapa bidang,hal ini yang melatar belakangi aplikasi Shoes'fad yang merupakan aplikasi  berbasis desktop yang dibuat dengan bahasa pemrograman java

>> Platform dan tools yang digunakan
1.Netbeans IDE 8.2
2.XAMPP Control Panel v3.2.2
3.Sublime Text

>>Penjelasan System

        Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis dektop yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.Aplikasi ini merupakan aplikasi yg dapat digunakan pada toko-toko sepatu,guna mempermudah dan mempercepat proses niaga pada toko sepatu.Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem input sepatu,transaksi dan strk.Pada Aplikasi Shoes'fad juga telah dilengkapi laporan yang dapat di lihat oleh admin kapanpu.

>>Screenshoot Program Shoes'fad

                                          1.Login
Gambar login  @rplwikrama
Untuk menjaga keamanan system disini kita menggunakan fitur login dengan username dan password yang telah ditentukan agar tidak ada orang yang dapat mengakses bebas aplikasi ini.

                        2.Menu Utama
Gambar Menu Utama  @rplwikrama
    Pada fiture menu utama digunakan untuk mengarahkan admin untuk menggunakan beberapa fiture yang ada pada sebuah aplikasi,yakni nengan cara mengklik button yang tersedia maka aplikasi akan mengarahkan admin sesuai dengan ketentuan.

                                       3.Input Barang

     Gambar Input Barang  @rplwikrama

     Pada form ini admin dapat menginput jenis sepatu,merek sepatu,harga sepatu hingga stok sepatu yang diinput.pada bagian ini pula admin dapat dengan mudah mngelola barang(sepatu)yang telah diinput.Baik berupa fungsi simpan,edit,hapus maupun reset.

                             4.Transaksi
                                                                        Gambar Transaksi  @rplwikrama

      Pada form ini admin dapat melakukan proses transaksi pembelian sepatu.Transaksi dilakukan dengan mengisi format yang tertera pada aplikasi.selai itu pula pada akhir proses transaksi akan langsung menceta struk pembelian.

                                        5.Struk
Gambar Struk  @rplwikrama

Setelah melakukan transaksi. Kasir langsung diarahkan ke berowser untuk mencetak struk sebagai bukti proses transaksi kepada pelanggan dengan menekan button selesai otomatis struk akan  di print-out.

                           6.Report/Laporan

Gambar Laporan  @rplwikrama

      Laporan dapat dilihat oleh admin untuk dapat melihat proses pembelian yang dilakukan sebelumnya.Laporan berguna untuk memberikan informasi kepada pengelola/admin toko secara rinci dan tepat.



Itulah sedikit penjelasan mengenai aplikasi sederhana.Aplikasi ini tidak akan selesai tanpa bantuan guru produktif saya @kangmasjm,dan juga teman-temana saya yang membantu untuk menyelesaikan projek ini.Akhirnya saya ucapkan terimakasih pada semua pihak yang terlibat.

Komentar

Posting Komentar